Microsoft memberhentikan sebagian dari grup R&D yang berfokus pada konsumen

Microsoft memberhentikan sebagian dari grup R&D yang berfokus pada konsumen

Setelah menarik peran terbuka di seluruh divisi Office dan Windows dan melepaskan sebagian dari 180.000 orang tenaga kerjanya pada bulan Juli, Microsoft melakukan pemotongan tambahan minggu ini. Putaran PHK ini terkonsentrasi di grup Modern Life Experiences (MLX), salah satu grup yang bertanggung jawab atas R&D proyek yang berfokus pada pelanggan di perusahaan. Menurut posting di LinkedIn, PHK baru-baru ini juga memengaruhi perekrut kontrak di beberapa lokasi, termasuk Chicago.

Tidak jelas berapa banyak karyawan yang diberhentikan. Ketika dihubungi untuk dimintai komentar, juru bicara Microsoft menolak memberikan rincian tetapi tidak menyangkal bahwa PHK telah terjadi.

Tersebar di kota-kota, termasuk Vancouver dan San Francisco, grup MLX Microsoft muncul melalui akuisisi Mobile Data Labs perusahaan tahun 2015, perusahaan di belakang MileIQ, yang pada saat itu merupakan salah satu aplikasi pelacakan jarak tempuh paling populer untuk mendapatkan potongan dan penggantian . Setelah menghabiskan beberapa tahun menyempurnakan MileIQ di bawah Microsoft, tim memperluas fokusnya, bermitra dengan grup Keamanan Keluarga Microsoft untuk membuat versi pertama aplikasi Keamanan Keluarga untuk iOS dan Android.

Perombakan eksekutif pada Februari 2020 menempatkan Eran Megiddo, CVP Produk dan Pendidikan Windows, sebagai kepala grup MLX dan Microsoft Education. Mantan CTO Mobile Data Labs Max Wheeler, yang bergabung dengan Microsoft setelah akuisisi, tetap — dan masih tetap — sebagai direktur teknik.

Pada bulan Juni 2020, grup MLX meluncurkan Uang di Excel, sebuah templat yang memungkinkan pengguna Excel secara otomatis menghubungkan rekening bank, kartu kredit, investasi, dan pinjaman ke Excel untuk menerima wawasan yang dipersonalisasi. (Uang di Excel dijadwalkan akan ditutup pada 30 Juni 2023, menurut artikel dukungan.) Tim tersebut juga bertanggung jawab untuk menginkubasi “pengalaman pelanggan baru yang inovatif” untuk keluarga di Windows, Xbox, seluler, dan web, menurut ke lowongan pekerjaan yang relevan.

Pada suatu waktu, MLX adalah bagian dari upaya yang lebih luas dalam Microsoft untuk memenangkan kembali konsumen dengan berfokus pada produk dan layanan “prosumer”, termasuk layanan berorientasi keluarga. Secara berurutan, Microsoft memperkenalkan “Mode Anak” untuk fungsionalitas Edge dan Tim yang berpusat pada konsumen, serta langganan pribadi untuk Microsoft 365. Sebuah grup lintas fungsi, Modern Life Planning ditugaskan untuk mengerjakan penetapan harga, strategi, kemitraan, dan akuisisi untuk memperluas bisnis konsumen.

Apakah PHK grup MLX menandakan pergeseran strategi adalah pertanyaan terbuka. Tetapi yang jelas adalah bahwa Microsoft tidak memenuhi harapan pada kuartal fiskal terbarunya, menghadapi tantangan ganda dari penurunan permintaan konsumen dan penurunan produksi PC.

“Seperti yang kami kelola selama periode ini, kami akan terus berinvestasi dalam pertumbuhan di masa depan sambil mempertahankan fokus yang kuat pada keunggulan operasional dan disiplin eksekusi,” kata CFO Microsoft Amy Hood selama pendapatan Q4 2022 perusahaan di bulan Juli.

Back To Top